Dua Cara Menghilangkan Rumus di Excel, Tanpa Menghapus Hasil
Excel merupakan salah satu aplikasi berupa lembar kerja Microsoft, untuk pengolahan data. Dalam pengoperasiannya, memerlukan beberapa rumus. Namun, tentu perlu juga mengetahui cara menghilangkan rumus di Excel jika selesai.
Beberapa Fungsi Excel
Ada banyak rumus dalam Excel yang mendukung fungsinya. Beberapa fungsi excel tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini.
- Untuk mengolah data yang berkaitan dengan keuangan, menggunakan fungsi penghitungan. Biasanya sangat berguna pada pekerjaan akuntansi, untuk meminimalisir human error.
- Mengolah data tanggal dan waktu, yang umumnya berguna pada rekap absensi dan sebagainya.
- Melakukan pengolahan data berkaitan dengan matematika dan trigonometri.
- Membuat daftar, mengurutkan, menyortir, dan mengelompokkan data.
- Menyajikan laporan berupa tabel, grafik, diagram, sesuai dengan data.
Alasan Menghilangkan Rumus Di Excel Saat Pekerjaan Telah Selesai
Microsoft membekali Excel dengan berbagai fungsi rumus. Tujuannya adalah untuk memudahkan pekerjaan pengelolaan data. Dengan demikian, proses menghitung, mengelompokkan dan menyortir data bisa lebih cepat dan mudah.
Selanjutnya, ketika pekerjaan telah selesai dan lembar kerja sudah rapi, tentu Anda tidak memerlukan keberadaan rumus tersebut. Bahkan, apabila membiarkannya tetap di lembar kerja, akan berisiko terjadi kesalahan ketika proses evaluasi.
Bisa jadi, orang lain yang memeriksa lembar tersebut salah pencet dan mengubah hasilnya. Oleh sebab itulah, perlu mengetahui cara untuk menghapus formula tersebut ketika sudah selesai. Sayangnya, tidak semua orang tahu caranya.
Tetap Mempertahankan Hasil, Ini Cara Menghilangkan Rumus Di Excel
Tidak sekadar menghapus saja, agar bisa menghilangkan rumus di Excel, perlu langkah khusus. Sebab menghilangkan rumus akan otomatis menghapus hasilnya. Jadi, perlu cara agar bisa menghilangkan, tetapi tetap mempertahankan hasilnya.
Lakukan cara menghilangkan rumus di Excel di bawah ini.
- Tentukan kolom mana yang akan Anda hilangkan rumusnya.
- Selanjutnya, Blok semua kolom tersebut.
- Langkah berikutnya adalah klik kanan, hingga muncul kotak pilihan, klik pada opsi Copy.
- Jika sudah, pastikan tetap pada posisi yang sama, paste kolom tersebut. Namun, gunakan Paste Special.
- Caranya, klik kanan lagi. Setelah muncul kotak pilihan, klik pada opsi Paste Special.
- Setelah melakukan perintah ini, akan muncul kotak pilihan, klik Value, kemudian OK.
Setelah melakukan langkah tersebut, Anda akan mendapati bahwa tabel tetap berisi hasil dari penghitungan, tetapi rumusnya sudah menghilang. Dengan demikian, hasil lembar kerja sudah tidak mengandung rumus, sehingga tidak akan berubah lagi.
Menghilangkan Rumus Saat Memindahkan Data Ke Lembar Kerja Lainnya
Ada kalanya, Anda perlu menduplikasi suatu lembar kerja ke sheet lainnya. Namun, tidak semuanya perlu di lembar yang baru tersebut. Contohnya, Anda hanya perlu Copy hasilnya, tetapi menghilangkan rumusnya
Cara menghilangkan rumus di Excel ketika akan copy paste cell tanpa formula adalah dengan menggunakan Paste Option Values and Number Format. Berikut ini adalah cara melakukannya.
- Sorot cell yang akan Anda copy.
- Klik kanan pada mouse atau touchpad.
- Saat muncul kotak pilihan, klik Copy.
- Selanjutnya, Anda bisa membuka lembar kerja baru, kemudian klik kanan kembali.
- Berikutnya, setelah muncul kotak pilihan lagi, klik pada Paste Special.
- Selanjutnya, di menu Paste Special, klik Values and Number Format.
Dengan melakukan langkah ini, Anda bisa menduplikasi suatu cell di lembar kerja lain. Anda hanya akan copy semua bagian cell tersebut dengan menghilangkan rumusnya.
Pada dasarnya, inilah kelebihan Paste Special, yaitu fungsinya yang lebih lengkap. Jadi Anda bisa menduplikasi cell sesuai dengan kebutuhan.
Itulah tadi cara menghilangkan rumus di Excel. Dengan mengetahuinya, Anda bisa merapikan hasil kerja pengolahan data dengan hanya menampilkan hasilnya saja.